Sunday, February 8, 2015

Jenis Jenis Batu Cincin Bersertifikat

Binggung dengan jenis jenis batu cincin yang sekarang lagi booming di Indonesia. Bagaimana memilih yang asli tapi tidak tertipu. Berikut adalah tips cerdas  membeli. Khususnya kelas mulia dan kelas  akik. 

Jenis Batu cincin bersertifikat
Emangnya ada Jenis batu cincin bersertifikat? kenapa  ada yang sertifikat? pertanyaan sedikit lucu tapi begitulah adanya. Sebelum kita bahas disini, marilah kita telusuri dari awal. Dimana saja kita pergi dan lewati selalu saja terlihat pemandangan orang menjajakan Perhiasan yang diminati kaum adam ini. Mulai dari tempat mewah seperti Mall maupun lapak kaki lima bahkan menjajakan sampai door to door. Berdasarkan pengalaman penulis, si Penjual, biasanya menawarkan dengan begitu rupa  dan jenis. Jangan terkecoh dengan bentuk fisiknya yang sekilas hampir sama, tetapi mengapa harganya berbeda. itu karena  mempunyai karakteristik  berbeda-beda pula. Sehingga kita sulit membedakan mana, kelas mulia dan kelas akik. Harga  tinggi membuat pembeli bertanya didalam hati. Jamin apa yang pembeli dapatkan jika asli? 

Sebagai contoh,  jenis ruby dengan jenis merah delima secara fisik bentuknya sama dan warnanya juga sama, tapi keduanya mempunyai karakteristik yang berbeda, batu ruby adalah jenis batu mulia, sedangkan batu merah delima adalah jenis akik. Otomatis harganya juga berbeda. Batu Mulia harganya lebih mahal dari pada  akik. tapi sebagian akik juga ada harganya melebihi batu mulia karena dari segi keindahannya. Diantaranya adalah batu bacan harganya diatas Rp. 25 juta.

Untuk orang yang baru mengenal Jenis batu cincin, inilah hal tersulit mengetahui keasliannya. Walaupun dengan alat kekerasan  telah di uji. Maksudnya adalah jika alat uji kekerasaan  tersebut sudah di modifikasi oleh penjual. Maka tingkat kebenarannya sangat diragukan. Sarannya sebaiknya alat uji tersebut anda beli sendiri, sehingga anda dapat mengetahuinya secara akurat dan pasti. Berikut adalah tips cerdas membeli batu mahal, agar tidak tertipu dengan manisnya mulut pedagang.

Pada tulisan saya sebelumnya saya telah menjelaskan perbedaan batu mulia dan batu akik, Karenanya saya tidak menjelaskan lagi pada tulisan kali ini. Anda dapat membacanya di klik link ini


Jenis Jenis Batu cincin mana yang bersertifikat
  1. Uji kekerasan akurat dengan mengunakan alat uji bernama Presidium Gem Tester. Dengan kemampuan teknologi ini anda akan dibantu untuk mengetahui tingkat kekerasan batu. Biasanya alat ini  dapat menunjuki skala kekerasan sampai 14 Mohs. Untuk Jenis mulia mulai dari 12 Mohs sampai 14 Mohs. Dan Akik biasanya di bawah 4 Mohs. Dipasaran Presidium Gem Tester dijual dengan berbagai merek dan harga bervariasi. anda juga dapat membelinya secara online seperti https://www.tokopedia.com/.
  2. Cara yang paling cerdas adalah mengetahui kepemilikan sertifikat batu tersebut baik itu  mulia ataupun Akik. Agar kita terjamin saat membelinya untuk kelas mulia adalah dengan mengetahui kepemilikan sertifikat. Lalu siapa berhak mengeluarkan sertifikatnya. Banyak badan-badan yang dapat mengeluarkan sertifikat batu mulia dan akik. Mulai dari perusahaan BUMN maupun perusahan swasta seperti Adamas Gemological Laboratory, Aviannoor Gems Lab, Gemologi Laboratorium Perum Pengadaian, Flamboyant Gem Lab dan lain lain. 

Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam mengenali lebih jauh dan cara membeli batu mulia dan  akik agar tidak dikecewakan oleh penjual. Pilihlah Jenis Batu cincin Bersertifikat karena lebih bisa di pertanggung jawabkan. anda pun tidak kecewa jika membelinya.


No comments:

Post a Comment