Saturday, February 7, 2015

Jenis Batu Akik dan Batu Mulia, bagaimana membedakannya

Jenis Batu Akik dan Batu Mulia, bagaimana membedakannya
Bagi pecinta batu adalah sangat mudah membedakan, tapi untuk mereka yang baru kenal?. berikut tipsnya. Mungkin tulisan ini dapat menjadikan referensi sehingga anda tidak tertipu. secara keindahan warna hampir tidak dapat  membedakan jenis mulia dengan jenis  akik. sama-sama memiliki warna yang berkilau. contohnya jenis ruby hampir sama dengan merah delima. terus bagaimana menyiasatinya.
Batu Mulia dengan Batu Akik, bagaimana membedakannya
  1. Untuk kelas Mulia biasanya memiliki sertifikat karena didalamnya terkandung kadar kemurnian atau yang dikenal dengan karat. bagaimana dengan yang tidak memiliki sertifikat? ikuti tips berikut ini
  2. Kelas Mulia memiliki tingkat kekerasan yang tinggi jika dibandingkan dengan kelas akik. biasanya mempunyai tingkat kekerasaan rentang 10 sampai 14 Mhos ( Skala Kekerasan ). Berbeda dengan  akik yang hanya memiliki tingkat kekerasan 1 - 4 mhos dan ada diantara seluruh jenis akik memiliki 7,5 mhos tetapi tidak sampai 10 mhos. Bagaimana cara  mengetahui tingkat kekerasannya? sekarang sudah ada dijual dipasaran alat uji kekerasan yang harganya relatif murah sekitar Rp. 350 ribu. 
  3. Kelas Mulia dibandrol harga yang sangat tinggi dari pada akik. namun ada beberapa jenis  akik yang harganya melampui jenis Mulia ini dikarenakan tingkat keindahannya.

Jangan tertipu dengan kilauan kelas mulia sehingga anda melupakan fakta terhadap yang ada. sekarang banyak beredar batu palsu alias sintetis yang sangat mirip dengan  Mulia dan akik. bagaimana cara membedakan batu sintetis dengan batu akik. 

No comments:

Post a Comment